Pembukaan Diklat Bahan Ajar Berbasis Lektora untuk Guru Sekolah Dasar - dikpora.jogjaprov.go.id
Pembukaan Diklat Bahan Ajar Berbasis Lektora untuk Guru Sekolah Dasar
11 Juni 2013 04:06 WIB, oleh : m.tok, dibaca : 435kali
Share :

Dinas Dikpora DIY - Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran saat ini terus berkembang. Bahan belajar merupakan elemen yang sangat penting dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran. Untuk itu, maka kemampuan seorang guru dalam mengembangkan bahan ajar menjadi sangat penting. Keberhasilan kegiatan pembelajaran tidak hanya dapat diukur dari kualitas program pembelajaran yang di diselenggarakan tetapi juga ditentukan dengan seberapa jauh kompetensi para guru dalam merancang dan mempersiapkan bahan pembelajaran.

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam mempersiapkan dan mengimplementasikan pembelajaran dengan menggunakan bahan-bahan pembelajaran harus ditingkatkan, baik yang bersifat metode pembelajaran maupun substantive materi. Masih banyak guru yang belum memiliki pengalaman menggunakan media untuk pembelajaran.

Program ICT-EQEP merupakan program kerja sama antara Kominfo dengan Pemerintah Jepang (JEICA) kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan melalui bantuan teknis dan sarana belajar TIK kepada satuan pendidikan tingkat SD dan SMP sebanyak 500 sekolah yaitu 300 SD dan 200 SMP.

Selanjutnya Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan DIY sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam pengembangan kompetensi pendidik di bidang TIK, menyelenggarakan program kegiatan pendidikan dan pelatihan pengembangan media pembelajaran untuk penguatan program ICT-EQEP untuk jenjang sekolah dasar.

Kegiatan ini merupakan  bentuk komitmen dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkaitan dengan TIK sesuai amanah Peraturan Gubernur No.41 tahun 2008 bahwa Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) mempunyai tugas Menyelenggarakan Pengembangan, Produksi dan Layanan Penyusunan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Komunikasi Pendidikan. (m.tok)

P E N G U M U M A N



Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Copyright © ICT DIKPORA TEAM. ALL RIGHT RESERVE
HAK CIPTA SEPENUHNYA OLEH DINAS PENDIDIKAN PEMUDAN DAN OLAHRAGA