Kemendikbud Selenggarakan Workshop Asistensi Pendataan Data Pokok Sekolah Dasar - dikpora.jogjaprov.go.id

Kemendikbud Selenggarakan Workshop Asistensi Pendataan Data Pokok Sekolah Dasar

DETAIL BERITA 25 Juli 2013 12:07 WIB,   Jurnalis: m.tok,   Dibaca : 913kali
  Foto : Kemendikbud Selenggarakan Workshop Asistensi Data Pokok SD di LPP Convention Center  
Share :

Dinas Dikpora DIY - Pada tahun anggaran 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar telah membangun sistem pendataan pendidikan dasar, atau yang lebih dikenal sabagai aplikasi Dapodik. Aplikasi tersebut dibangun untuk mengimplementasikan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional tentang kegiatan pengelolaan data pendidikan dasar yang harus dilakukan melalui satu pintu yang terintegrasi menjadi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) meliputi data satuan pendidikan, data pendidik dan tenaga kependidikan, dan data peserta didik.

Sebagai tindak lanjut dari dibangunnya aplikasi tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyelenggarakan Workshop Pendataan Pendidikan Dasar yang di selenggarakan di 33 provinsi seluruh Indonesia. Untuk provinsi DIY, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 - 4 Juli 2013 di LPP Convention Hotel. Acara ini diikuti 20 operator Dapodik Kabupaten Sleman dan 20 Operator Dapodik Kota Yogyakarta yang ditunjuk sebagai sampel data. Karena tidak semua operator sekolah dapat mengikuti acara ini, maka diharapkan peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengimbaskan pengetahuan yang mereka dapatkan kepada operator-operator lainnya.

Acara dibuka dengan pembacaan sambutan dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Ditjen Pendidikan Dasar Kemendikbud. Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa Provinsi DIY menempati peringkat kedua dalam hal kelengkapan perangkat komputer dan jaringan internet yang dimiliki oleh sekolah. Peringkat pertama ditempati oleh Provinsi DKI Jakarta. Hal ini wajar, mengingat Jakarta adalah ibukota negara. Meskipun begitu, untuk tingkat ketuntasan pengiriman data dari sekolah ke server Dapodik, Provinsi DIY mendapatkan prosentase ketuntasan tertinggi yaitu mencapai 99,24 %.

Ketika acara memasuki sesi bimbingan teknis pengisian aplikasi Dapodik, sebagian besar peserta sudah menguasai dan menyelesaikan kewajiban pengisian aplikasi tersebut untuk tahun pelajaran 2012-2013. Sehingga acara bimtek ini lebih banyak diisi dengan pembahasan tentang troubleshooting yang banyak terjadi di lapangan. Tommy Ridwan, dari Subbag ADP Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menekankan pentingnya kualitas data yang dikirimkan. “Untuk kuantitas pengiriman data, kita memang sudah nyaris sempurna. Akan tetapi untuk kualitas data masih harus selalu kita tingkatkan dan kita update datanya secara berkala”, pernyataan beliau dalam sesi diskusi di akhir acara.(m.tok)


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.