BEASISWA DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN DASAR DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRGA PROVINSI D.I. YOGYAKARTA TAHUN 2009 - dikpora.jogjaprov.go.id DETAIL PENGUMUMAN Update: 16 September 2009 15:12 WIB, Diposting : Adm, dilihat : 2388kali

BEASISWA DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN DASAR DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRGA PROVINSI D.I. YOGYAKARTA TAHUN 2009


BEASISWA DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN DASAR
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRGA
PROVINSI D.I. YOGYAKARTA
TAHUN 2009


Dalam Grand Design Penuntasan Wajib Belajar Sembilan Tahun secara nasional ditargetkan tuntas pada tahun 2006–2008. Namun karena krisis ekonomi target ketuntasan tersebut diundur sampai dengan tahun 2009. Keberhasilan ketuntasan Wajib Belajar Sembilan Tahun diindikasikan dengan peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) yang dihitung dari perbandingan antara jumlah siswa yang bersekolah dengan jumlah penduduk pada usia tertentu. Tahun 2008/2009 APK Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah mencapai target di atas target Nasional. APK untuk SD/mi/Paket A: 109,69 % dan APK SMP/MTs/Paket B 126,88% .
Salah satu faktor yang mempengaruh tingginya APK di DIY antara lain dengan masuknya penduduk dari luar Provinsi DIY yang terdaftar sebagai siswa sekolah di lingkungan Provinsi DIY. Namun dibalik itu, secara riil sebenarnya masih terdapat sejumlah penduduk DIY usia 7 – 12 tahun yang belum bersekolah dan atau putus sekolah di jenjang SD dan penduduk usia 13 – 15 tahun yang belum bersekolah atau putus sekolah di jenjang SMP/MTs. Berdasarkan fakta di atas maka pemerintah tahun ini melaksanakan program beasiswa dalam rangka penuntasan wajar Dikdas 9 th meliputi Retrieval siswa SD dan SMP, Beasiswa Miskin, Beasiswa Bakat Prestasi, Beasiswa SMP Terbuka, dan Beasiswa PLB tk dasar dan tk menengah.
I. DASAR
 
a. Undang-Undang No 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara
b. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
c. Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah
d. Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 1994 tentang Pelaksanaan Wajib Belajar 9 Tahun
e. Keputusan Menko Kesra Nomor 22/KEP/MENKO/KESRA/IX/2006 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Nasional Gerakan Nasional Percepatan Penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun dan Pemberantasan Buta Aksara
f. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 35 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Percepatan Penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun dan Pemberantasan Buta Aksara
g. Surat Keputusan Gubernur Provinsi DIY nomor 18/Kep/2007 tentang Tim Koordinasi Provinsi GN-P2WB-PBA
h. Surat Keputusan Gubernur Provinsi DIY tentang penetapan anggaran APBD tahun 2009
   
II. TUJUAN, SASARAN, PEMANFAATAN DAN SUMBER DANA BEASISWA
 
A.Beasiswa Retrieval
 
1. Tujuan
 
Memberikan kesempatan kepada penduduk usia 7-12 tahun yang putus sekolah dan atau terancam putus sekolah jenjang SD, usia 13 – 15 tahun yang telah lulus SD/MI tahun 2009 dan sebelumnya, atau putus sekolah atau terancam putus sekolah jenjang SMP karena faktor ekonomi keluarga untuk kembali bersekolah sampai lulus pada jenjang SMP/MTs.
2. Kriteria Sasaran
    · Retrieval Baru
  a. Penduduk Provinsi D.I. Yogyakarta usia 7–12 dan tahun yang putus sekolah atau terancam putus sekolah jenjang SD kelas I s.d. VI;
  b. Penduduk Provinsi D.I. Yogyakarta tahun yang telah lulus SD/MI dan belum sempat melanjutkan ke jenjang SMP/MTs, mempunyai STTB SD/MI minimum satu tahun sebelumnya.
  c. Penduduk Provinsi D.I. Yogyakarta usia 13 – 15 tahun yang putus sekolah atau terancam putus sekolah di jenjang SMP/MTs.
  d. Prioritas sasaran anak Yatim-piatu, Yatim, Piatu dari keluarga tidak mampu. Dibuktikan dengan surat keterangan dari RT dan RW.
  e. Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.
  f. Sanggup bersekolah sampai lulus SD atau SMP.
     
    · Retrieval Lanjutan
  a. Sudah menyerahkan laporan pemanfaatan dana retrieval tahun 2008/2009;
  b. Sudah menyerahkan foto copy rapor semester Ganjil dan Genap tahun pelajaran 2008/2009;
  c. Belum lulus/tidak pindah sekolah ke luar Provinsi DIY
3. Jumlah Sasaran
  Jumlah sasaran pemberian bantuan beasiswa retrieval tahun anggaran 2009 adalah sebagai berikut:
a. Retrieval Lanjutan jenjang SMP sebanyak 700 anak masing-masing akan menerima Rp. 750.000,00 per anak/ tahun. Dan tahun ini akan diterimakan selama 6 bulan.
b. Retrieval Lanjutan jenjang SD sebanyak 400 anak dan masing-masing anak akan menerima beasiswa sebesar Rp. 480.000,00 per anak/tahun. Dan tahun ini akan diterimakan selama 6 bulan.
c. Retrieval Baru jenjang SD sebanyak 300 anak dan masing-masing anak akan menerima beasiswa sebesar Rp. 480.000,00 per anak/tahun. Dan tahun ini akan diterimakan selama 6 bulan.
d. Retrieval baru jenjang SMP sebanyak 200 masing-masing anak akan menerima beasiswa sebesar Rp. 1.200.000,00 per anak/tahun. Dan tahun ini akan diterimakan selama 6 bulan.
4. Persyaratan
  Sekolah mendata dan mengusulkan daftar siswa calon penerima beasiswa retrieval sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi D.I. Yogyakarta dengan melampirkan:
a. Fotocopy rapor untuk siswa SD
b. Fotocopy ijazah/STTB SD/MI (bagi siswa lulusan SD/MI tahun 2009 dan sebelumnya yang belum melanjutkan ke SMP/MTs).
c. Fotocopy Rapor terakhir (bagi anak SMP/MTs yang putus sekolah)
d. Fotocopy Daftar Keluarga (Model C1)
e. Fotocopy kartu Gakin atau surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa
f. Keterangan yatim-piatu bagi anak yatim/piatu dari Kepala Sekolah.

No.
Kegiatan
Tempat
Waktu
1
Sosialisasi Dinas Kab/Kota Agustus 2009
2
Usulan calon penerima dari sekolah ke kab/kota Dinas Kab/Kota 1 s.d. 13 Sept. 2009
3
Rekapitulasi usulan calon penerima beasiswa dari kab/kota ke Provinsi Dinas Pendidikan Provinsi DIY 15 s.d. 20 Sept. 2009
4
Penentuan calon penerima beasiswa dari Dinas Pendidikan Prov. DIY Dinas Pendidikan Provinsi DIY 22 s.d. 27 Sept. 2009
5
Penerbitan SK penerima beasiswa Dinas Pendidikan Provinsi DIY 29 Sept. 2009
6
Pengajuan SPP Dinas Pendidikan Provinsi 11 Okt. 2008
7
Pendistribusian dana beasiswa ke sekolah Dinas Pendidikan Provinsi DIY Oktober 2009
8
Pelaporan (Sem-1) dari sekolah Ke Dinas Pendidikan Provinsi Des. 2009
9
Pelaporan (Sem-2) dari sekolah Ke Dinas Pendidikan Provinsi Juni 2010
 
B. Beasiswa Siswa Miskin (BSM)
  1. Tujuan
  a. Membantu siswa untuk memenuhi kebutuhan pribadi siswa selama duduk di bangku sekolah.
  b. Mencegah siswa dari kemungkinan putus sekolah akibat kesulitan ekonomi.
  c. Memberi peluang dan kesempatan yang lebih besar kepada siswa untuk terus bersekolah hingga menyelesaikan pendidikan SMP.
  2. Sasaran dan Besar Dana
  Sasaran program Beasiswa Siswa Miskin adalah siswa miskin dan telah dibebaskan dari segala jenis iuran sekolah pada jenjang pendidikan SD/SDLB dan SMP/SMPLB/SMP Satu Atap di seluruh wilayah Prov. DIY.
  Sumber dana berasal dari Pemerintah Indonesia (rupiah murni) yang dengan jumlah sasaran di Prov. DIY untuk tahun 2009 sebesar 9.015 siswa, dan biaya satuan Rp 531.000/ siswa/tahun
  3. Persyaratan Penerima BSM
  Penerima BSM adalah siswa SD/SDLB dan SMP/SMPLB negeri dan swasta kelas 1-9 dari keluarga miskin:
  a. Yang terancam putus sekolah.
  b. Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.
  c. Telah dibebaskan dari segala jenis iuran sekolah.
  BSM SD DIBERIKAN langsung oleh pusat (Direktorat TK/SD Ditjen Mandikdasmen) dengan alokasi untuk DIY sejumlah 18.000 siswa dan biaya satuan Rp 360.000 per siswa per tahun.
  4. Pemanfaatan dan Pembatalan BSM
  Dana BSM dimanfaatkan oleh siswa untuk pembiayaan keperluan pribadi siswa, terutama yang terkait dengan pendidikan.
BSM dapat dibatalkan jika penerima BSM:
  a. berhenti sekolah;
  b. menerima beasiswa dari instansi/sumber lain;
  c. telah didakwa dan terbukti melakukan tindakan kriminal.
  Kepala Sekolah bertanggung jawab dan berwenang untuk membatalkan BSM, serta memilih siswa pengganti penerima BSM yang dibatalkan, dan dituangkan dalam bentuk SK pengganti.
   
C. Beasiswa Bakat dan Prestasi
  1. Tujuan
  Dana Beasiswa kategori Prestasi untuk siswa SMP adalah dana yang diberikan kepada siswa sebagai penghargaan karena siswa memiliki prestasi di bidang akademik. Indikator yang digunakan adalah rata-rata nilai rapor selama di SMP dan jumlah serta jenis lomba bidang akademik yang pernah diikuti.
  2. Terminologi
  a. Dana Beasiswa kategori Prestasi untuk siswa SMP adalah dana yang diberikan kepada siswa sebagai penghargaan karena siswa memiliki prestasi di bidang akademik. Indikator yang digunakan adalah rata-rata nilai rapor selama di SMP dan jumlah serta jenis lomba bidang akademik yang pernah diikuti.
  b. Dana Beasiswa kategori Bakat untuk siswa SMP adalah dana yang diberikan kepada siswa sebagai penghargaan karena siswa memiliki prestasi di bidang non akademik (olah raga, kesenian, ketrampilan, serta kegiatan sosial, seperti keagamaan dan lain-lan, tanpa mengabaikan kewajibannya dalam bidang akademik. Indikator yang digunakan adalah jumlah dan jenis lomba bidang non akademik yang pernah diikuti minimal tingkat kab/kota, serta rata-rata nilai rapor SMP atau rata-rata nilai Ujian Akhir SD bagi siswa kelas I.
  3. Sasaran
  Siswa kelas 2 dan 3 yang berprestasi di bidang akademis atau siswa kelas 1, 2, dan 3 yang memiliki bakat dalam bidang olahraga, kesenian, atau kegiatan sosial (misal kepramukaan, lingkungan hidup, penelitian dan lain-lain).
  4. Sumber dan Besar Dana
  Dana Beasiswa Bakat dan Prestasi bersumber dari APBN (rupiah murni). Besar dana beasiswa adalah Rp 600.000,-/siswa/tahun, dan diberikan sekaligus untuk satu tahun.
   
D. Beasiswa SMP Terbuka
  1. Tujuan
  Program Beasiswa bagi siswa SMP Terbuka dimaksudkan agar semua siswa:
  a. Tidak putus sekolah meskipun menghadapi berbagai kendala seperti kesulitan ekonomi, kondisi geografis, transportasi, kendala waktu, dan sebagainya.
  b. Mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk terus bersekolah sampai tamat Pendidikan Dasar sembilan Tahun dan diharapkan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.
  2. Sasaran
  Semua siswa SMP Terbuka berhak untuk memperoleh beasiswa.
  3. Sumber Dana
  Sumber dana untuk menyelenggarakan program ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN-Rupiah Murni). Alokasi tingkat Nasional untuk Tahun Anggaran 2009 sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per siswa per tahun, dan disediakan bagi semua siswa SMPT.
E. Beasiswa PLB tingkat Dasar, dan tingkat Menengah
 
a. Untuk anak PLB semua mendapat Beasiswa
b. Untuk inklusi diprioritaskan bagi yang memiliki ketunaan A,B,D,E.
c. Beasiswa tingkat dasar inklusi, CI BI dan PLK sebesar Rp 600.000 per siswa per tahun, dan disediakan kuota untuk 4.380 siswa
d. Beasiswa tingkat menengah inklusi, CI BI dan PLK sebesar Rp 600.000 per siswa per tahun, dan disediakan kuota untuk 476 siswa
   
III. MEKANISME PENDAFTARAN
  Daftar rekapitulasi calon penerima beasiswa disampaikan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota u.p. Tim Koordinasi Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Kabupaten/Kota, kecuali untuk Beasiswa PLB langsung ke Dinas Dikpora Provinsi.
Dinas Pendidikan Kabupaten/kota menyusun rekapitulasi usulan calon penerima beasiswa se Kabupaten/Kota kepada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi D.I. Yogyakarta u.p. Bidang PLB Dikdas dilampiri persyaratan seperti tersebut di atas.
Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi menyusun rekapitulasi usulan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota disesuaikan dengan dana yang dialokasikan sebagai dasar penerbitan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga tentang daftar penerima beasiswa.
 
IV. BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)
  A. Program BOS bertujuan untuk :
  1. Menggratiskan seluruh siswa miskin di tingkat Pendidikan Dasar (SD dan SMP) dari beban biaya operasional sekolah, baik di sekolah negeri maupun swasta.
  2. Menggratiskan seluruh siswa SD negeri dan SMP negeri terhadap biaya operasional sekolah, kecuali pada sekolah RSBI/SBI.
  3. Meringankan beban biaya operasional sekolah bagi siswa di sekolah swasta.
Besar biaya satuan BOS yang diterima oleh sekolah (termasuk BOS Buku), dihitung berdasarkan jumlah siswa, dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. SD/SDLB di Kota : Rp 400.000,-/siswa/tahun
  2. SD/SDLB di Kabupaten : Rp 375.000,-/siswa/tahun
  3. SMP/SMPLB/SMPT di Kota : Rp 575.000,-/siswa/tahun
  4. SMP/SMPLB/SMPTdi Kabupaten : Rp 570.000,-/siswa/tahun
 
B. Penggunaan Dana BOS :
Pembiayaan seluruh kegiatan dalam rangka PSB, pembelian buku referensi dan buku teks pelajaran, pembiayaan kegiatan pembelajaran remedial/pengayaan, ekstrakulikuler (olahraga, kesenian, LKIR, PMR, dan sejenisnya), pembiayaan ulangan (harian, umum, ujian, dan laporan hasil belajar siswa), pembelian bahan habis pakai, pembiayaan langganan daya listrik, air, dan telepon, pembiayaan perawatan sekolah, pembayaran honor bagi guru/tenaga kependidikan honorer, pengembangan profesi guru, pemberian bantuan biaya siswa berprestasi bagi siswa miskin, pembiayaan pengelolaan BOS, dan pembelian komputer desktop.
   
 


Komentar Pengumuman

Pengumuman Lain

PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.